Profil Strategi dan Komposisi Skuad Senegal Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 – Senegal kembali menjadi salah satu diantara 32 negara yang lolos masuk ke babak kualifikasi group Piala Dunia 2018. Masih teringat jelas bagaimana Senegal mencetak prestasi yang begitu apik di Piala Dunia 2002 lalu. Negara ini sukses melaju hingga ke babak kuarter final dan menjadi salah satu negara yang diunggulkan meraih kemenangan. Lalu, apakah untuk Piala Dunia 2018 kali ini, Senegal siap meraih sukses yang sama di Rusia? Pertanyaan yang memang sangat besar. Namun yang pasti, sepanjang babak penyisihan kemarin Senegal menjadi salah satu negara yang tak terkalahkan di Afrika. Hingga akhirnya bisa mendapatkan tiket emas untuk ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Di babak penyisihan sebelumnya, Senegal menunjukan performa yang begitu apik. Tim nasional negara ini melalui satu per satu pertandingan dengan performa dan juga semangat bermain yang patut mendapatkan acungan jempol. Dari 6 laga di babak penyisihan yang dijalankan, Senegal meraih 4 kali kemenangan dengan 2 kali hasil draw. Prestasi yan rasanya cukup membuat calon penantang mereka di Piala Dunia 2018 nanti berpikir dua kali bagaimana berhadapan dengan Senegal di lapangan hijau.Terutama, Senegal juga memperlihatkan aksi yang sangat apik saat berhadaoan dengan tim nasional papan atas lain dari Afrika seperti South Africa, Cape Verde dan juga tim Burkina Faso.

Bila berbicara mengenai keunggulan, dari babak penyisihan kemarin nampak Senegal memiliki pemain unggulan yang merupakan paket lengkap. Mulai dari taktik permainan, kekuatan, fitalitas, hingga kelincahan saat di lapangan hijau. Para pemain ini pun seakan sangat akrab dengan bola bundar dan tak ragu memperlihatkan kemampuan mereka untuk membuat tim lawan tertegun. Sebuah hal yang sekali lagi patut mendapatkan poin tambahan untuk Senegal. Selama babak penyisihan kemarin, Senegal mengumpulkan total 10 go. Dari 10 gol tersebut, pemain penyerang Diafra Sakho dan juga midfielder Cheikh NDoye mencetak lebih dari 1 gol.

Kekuatan Senegal berasal dari kuatnya lini belakang, yang ditunjukan dengan hasil pertandingan 4 kali clean sheet. Selain itu masih ditambah dengan 3 gol yang diberikan melalui sepakan kaki pemain belakang. Hanya saja, pada saat berada di Rusia nanti Senegal memang masih wajib memperbaiki deretan pemain depan dan juga tengah. Agar penyerangan mereka nantinya pun lebih baik lagi.

Beberapa waktu lalu, Senegal sudah mengumumkan nama-nama pemain yang akan dibawa ke Rusia. Di bawah ini daftar lengkanya.

Pemain penjaga gawang:

1. Khadim Ndiaye (Horoya AC)

2. Abdoulaye Diallo (Rennes)

3. Alfred Gomis (Torino)

Pemain bertahan:

1. Kara Mbodji (Anderlecht)

2. Kalidou Koulibaly (Napoli)

3. Moussa Wague (Eupen)

4. Saliou Ciss (Angers)

5. Youssouf Sabaly (Bordeaux)

6. Lamine Gassama (Alanyaspor)

7. Armand Traore (Nottingham Forest)

8. Salif Sane (Hannover 96)

Pemain tengah:

1. Pape Alioune Ndiaye (Stoke)

2. Idrissa Gueye (Everton)

3. Cheikhou Kouyate (West Ham)

4. Cheikh NDoye (Birmingham)

Pemain depan:

1. Sadio Mane (Liverpool)

2. Diao Balde Keita (Monaco)

3. Ismaila Sarr (Rennes)

4. Diafra Sakho (Rennes)

5. Moussa Konate (Amiens)

6. Mame Biram Diouf (Stoke)

7. Mbaye Niang (AC Milan)

Untuk saat ini memang masih terlalu dini memperkirakan bagaimana performa Senegal di Piala Dunia 2018 nanti. Namun yang pasti, skuad Aliou Cisse ini memiliki amunisi yang cukup untuk mencetak prestasi yang lebih tinggi dari rekor mereka sebelumnya.