perancis

Profil Strategi dan Komposisi Skuad Perancis Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 – Tim Nasional Perancis semakin menunjukkan era baru yang cerah setelah mengalami kegagalan pada Piala Dunia 2010 silam. Kala itu skuad asuhan Raymond Domenech hanya menjadi juru kunci Grup A. Kini dengan skuad didominasi pemain muda bertalenta, finalis Euro 2016 lalu ini siap menjadi kandidat peraih gelar juara dunia 2018 nanti.

Sebelum berangkat ke Rusia, Perancis memiliki modal berharga sebagai Runner-up Euro 2016 dan juga hasil memuaskan dari laga kualifikasi dan laga persahabatan. Setelah takluk dari Portugal pada laga final Euro 2016 lalu, Perancis baru mengalami tiga kekalahan yang satu diantaranya didapat pada laga kualifikasi Zona Eropa melawan Swedia. Meski begitu, Perancis masih lolos dengan status juara Grup A dengan 23 poin.

Dalam sejarahnya, prestasi terbaik Perancis pernah sekali merebut gelar juara dunia pada tahun 1998 dan menjadi Runner-up pada tahun 2006. Namun sejak tahun 2000 an, Perancis memiliki siklus cukup buruk, yakni sudah dua kali tidak mampu lolos dalam fase grup. Uniknya kegagalan tersebut terjadi pada tahun 2002 dan 2010 dimana berselang waktu 8 tahun. Artinya 8 tahun selanjutnya dari Piala Dunia 2010 yaitu pada Piala Dunia 2018 kali ini.

Komposisi Skuad

Dari 23 pemain yang dipilih pelatih Didier Deschamps terdapat kombinasi pemain senior dan pemain muda. Selain itu juga terdapat beberapa perbedaan dengan skuad Euro 2016 lalu. Dimulai pada penjaga gawang, Hugo Lloris masih menjadi kiper utama sekaligus kapten Les Bleus. Kiper 31 tahun ini akan dilapis oleh Steve Mandanda dan Alphonse Areola.

Di sisi pertahanan, Perancis harus kehilangan bek senior Laurent Koscienly akibat masih mengalami cedera. Untuk itu Raphael Varane dan Samuel Umtiti menjadi duet bek tengah didepan Lloris. Selain itu ada opsi pada Adil Rami dan bek muda PSG Presnel Kimpembe. Posisi bek kiri diisi oleh Benjamin Mendy meski tidak memiliki waktu bermain yang banyak musim lalu bersama Manchester City akibat cedera. Sedangkan pos bek kanan ditempati Djibril Sidibe dari AS Monaco.

Untuk kendali permainan di lini tengah, Deschamps mempercayakan pada dua pemainnya yang berlaga di Premier League, yaitu Ngolo Kante dan Paul Pogba. Dua pemain ini menjadi kunci lini tengah masing-masing klubnya. Selain Pogba dan Kante, ada nama Corentin Tolisso, Blaise Matuidi, dan Steven Nzonzi yang menjadi beberapa opsi pilihan.

Selanjutnya di lini depan, ini merupakan kekuatan terbesar pada diri Les Bleus. Diantaranya merupakan pemain muda yang memiliki potensi untuk bersinar pada Piala Dunia kali ini. Kylian Mbappe sudah menunjukkan dirinya bersama PSG musim lalu dengan mempersembahkan beberapa gelar juara. Kemudian Nabil Fekir menjadi tampil gemilang bersama Lyon musim lalu dan menjadi buruan klub-klub besar Eropa. Sisi sayap tersebut siap membantu striker Antoine Griezmann dan Olivier Giroud di posisi ujung tombak. Khusus untuk Giroud, dirinya menjadi top skor keempat sepanjang masa Perancis dengan 31 gol.

Prediksi

Untuk melewati hadangan Denmark, Peru, dan Australia di Grup C rasanya tidak sulit bagi Perancis. Secara kualitas pemain dan ranking FIFA, Perancis jelas lebih unggul. Namun mereka tetap harus waspada mengingat adanya kejutan dari ketiga tim tersebut. Selanjutnya para pemain muda tersebut harus mempersiapkan mental kala berhadapan dengan tim besar di babak-babak krusial agar kegagalan di final tidak terjadi lagi. Jika hal tersebut dapat diatasi, maka peluang juara bagi Timnas Perancis terbuka lebar.