maroko

Profil Strategi dan Komposisi Skuad Maroko Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 – Moroko adalah kontestan Piala Dunia 2018 asal zona Afrika. Mereka lolos langsung ke Piala Dunia Rusia dengan mengungguli Mali, Gabon serta Pantai gading dan menjadi juara grup pada babak kualifikasi. Moroko menjelma menjadi monster kuat dibawah asuhan pelatih Herve Renard yang berhasil membawa Zambia dan Pantai Gading menjadi juara Piala Afrika. Kini, Moroko yang tampil dengan performa memukai siap menghadirkan kejutan di Grup B Piala Dunia 2018 di Rusia. Lalu, apakah skuad asuhan pelatih Herve Renard ini mampu menunjukan taji mereka dan mengejutkan para penghuni Grup B seperti Spanyol, Portugal dan Iran ? Mari kita simak bahasan dibawah ini seputar profil Tim Nasional Maroko beserta analisis kekuatan mereka :

Pengalaman Di Piala Dunia

Moroko telah tampil di 4 Piala Dunia sebelum Piala Dunia 2018 ini. Mereka sudah berpartisipasi pada Piala Dunia 1970, 1994, 1998 dimana mereka tampil di fase grup dan Piala Dunia 1986 menjadi pencapaian paling baik ketika mereka berhasil melangkah ke babak 16 besar.

Skuad Yang Solid

Selama babak penyisihan berlangsung, skuad Moroko tampil dengan pertahanan yang sangat baik. Mereka hanya kebobolan 1 goal dari 6 laga melawan Pantai Gading, Gabon dan Mali yang membuat mereka meraih 3 kemenangan dan 3 hasil imbang. Para pemain bertahan Moroko sangat disiplin menjaga pertahanan mereka demikian juga mereka sangat rajin melepaskan tekel bersih untuk menyapu bola dari kaki pemain lawan dan menggagalkan serangan. Hal ini kembali terlihat di 2 pertandingan terakhir mereka di pertandingan persahabatan melawan Slovakia. Moroko berhasil mengembalikan kekalahan 1 goal menjadi kemenangan 2 – 1 serta ketika mereka berhasil membungkam Estonia 3 – 1. Skuad Moroko tampil dengan kerjasama yang sangat baik dan ini menjadi modal berharga mereka untuk tampil di Piala Dunia 2018 ini. Aliran bola dari belakang menuju ke lini pertahanan dapat berjalan dengan lancar. Para gelandang miliki Moroko juga sangat rajin membangun serangan dan mensuplai bola ke depan. Dipastikan Moroko akan menjadi lawan yang berat di Grup B Piala Dunia 2018.

Formasi Utama

Boutaib

Ziyech – Belhada – Amrabat

Boussoufa – Eh Ahmadi

Mendyl – Saiss – Benatia – Hakimi

Munir

(4-2-3-1)

Pemain Kunci

Nordin Amrabat adalah sosok pemain kunci di skuad Moroko. Amrabat memiliki kemampuan penetrasi yang baik serta kelihaian mengecoh para pemain belakang lawan. Dirinya hampir selalu terlibat dalam proses goal Moroko di semua ajang pada beberapa pertandingan terakhir. Amrabat juga dibekali oleh kemampuan tendangan keras dan akurat membuatnya mampu menembakan bola dari jarak jauh ataupun memberikan umpan jauh matang kepada Boutaib di posisi ujung tombak. Selain Amrabat, Younes Belhada juga menjadi sosok penting di tubuh permainan Moroko. Belhada mampu menjadi pemecah kebutuan bagi tim Moroko dimana dirinya dibekali kecerdikan menempatkan diri untuk menerima umpan atau mencari peluang dari bola rebound. Belhada dan Boutaib menjadi sosok striker komplet yang mematikan di skuad Moroko. Jika Amrabat dan Belhada tampil konsisten maka Moroko tidak akan kesulitan mengimbangi lawan dan mencetak goal di Piala Dunia 2018 ini.

nalisis KekuatanA

Titik paling dominan di skuad Moroko adalah sayap kanan. Dari beberapa pertandingan terakhir termasuk laga persahabatan dan kualifikasi Piala Dunia 2018, sayap kanan menjadi motor serangan Moroko. Posisi ini ditempati oleh Hakimi dan Nordin Amrabat. Kedua pemain ini sangat cepat melakukan serangan dan lihai dalam melepaskan umpan jauh baik mendatar atau lambung. Mereka memiliki jiwa offensive yang sangat tinggi yang membuat Moroko menjadi tim yang sering mendominasi laga. Selain itu, para pemain Moroko juga dilatih keras oleh Herve Renard untuk melakukan tendangan jarak jauh yang sangat keras. Hasil kerja keras Herve Renard mulai terlihat di beberapa pertandingan terakhir dimana tendangan jarak jauh yang sangat kuat menjadi pemecah kebuntuan yang membuat lawan akan bermain lebih terbuka. Jika lawan mulai bermain terbuka, maka para penyerang Moroko akan mengeksploitasi ruang di pertahanan lawan untuk membangun peluang atau mencetak goal. Tidak diragukan lagi, Moroko akan menjadi lawan berat di Grup B bahkan mereka diprediksi mampu membungkan Portugal dan akan menemai Spanyol maju ke fase gugur Piala Dunia 2018 di Rusia.

Kelemahan

Salah satu kelemahan dari skuad Moroko asuhan Herve Renard adalah lemahnya penetrasi ke kotak penalti lawan. Tentu ketika bola memasuki kotak penalti lawan, maka para pemain bertahan lawan akan mulai panik dan berusaha merebutnya sehingga membuka ruang di sisi yang ditinggalkan. Namun, Moroko tidak memiliki pemain yang mampu menggiring bola memasuki area ini. Mereka cenderung melepaskan krosing serta menembakan bola dari luar kotak penalti yang membuat kiper lawan lebih mudah untuk mengatisipasi bola karena jarak yang cukup jauh tersebut. Demikian juga Moroko harus mengasah finishing mereka. Para penyerang Moroko seringkali menyia – nyiakan peluang yang sebetulnya dapat dikonversikan menjadi goal.