Profil Strategi dan Komposisi Skuad Kroasia Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 – Inilah skuad terbaik yang dipunyai Kroasia sejak terakhir kali mereka menjadi semifinalis Piala Dunia 1998. Salah satu kekuatan utama dari tim ini adalah dua gelandang berkualitas wahid yang ada pada diri Luka Modric dan Ivan Rakitic. Ditambah lagi ini, tim ini juga memiliki sejumlah nama pelapis yang sama menjanjikan dalam diri Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, dan Milan Badelj. Kroasia juga punya lini serang yang begitu berbahaya, terutama dari sektor sayap yang dimotori oleh Ivan Perisic. Kombinasi antara Perisic dan Mario Mandzukic terbukti sangat berbahaya dan menjadi andalan Kroasia selama berlaga di Rusia nanti.

Kualitas berlimpah yang dipunyai oleh Kroasia ini harus melalui jalan yang tidak mudah di Rusia nanti. Kroasia harus melewati negara tangguh lainnya seperti Argentina, Nigeria, dan Islandia yang sama-sama tergabung dalam grup D. Luka Modric dkk. juga tampil kurang menjanjikan sepanjang gelaran kualifikasi lalu yang membuat mereka terpaksa harus melaju melalui kualifikasi peringkat dua zona Eropa. Masih banyak kelamahan yang terdapat pada tim ini, namun bukan tak mungkin skuad Kroasia asuhan Zlatko Dalic tampil mengejutkan banyak pihak dengan raihan istimewa. Niat untuk mencapai peringkat tiga Piala Dunia tentu saja bisa dicapai, sekarang tinggal mereka bekerja keras untuk mengulangi raihan mengesankan yang sempat terjadi pada tahun 1998.

CARA BERMAIN KROASIA

Meskipun Kroasia berlimpah pemain berkualitas, skuad ini juga merupakan salah satu yang tertua di Piala Dunia 2018 kali ini. Peran Luka Modric masih begitu vital dan kemampuannya sebagai dirigen di lini tengah sangatlah diandalkan oleh semua barisan pemain Kroasia. Kombinasi antara Modric dan Rakitic memungkinkan Kroasia untuk memilih cara bermain menyerang, bertahan, ball-possession, atau counter-attack, tergantung pada kebutuhan pelatih.

Secara keseluruhan, skuad Kroasia sebenarnya tidak memiliki masalah krusial layaknya beberapa tim kuat Piala Dunia lainnya. Tim ini bisa bermain fleksibel meskipun umumnya tampill dengan formasi 4-2-3-1. Pelatih Zlatko Dalic tampaknya akan lebih menyukai Luka Modric untuk menempati posisi nomor 10 sementara Ivan Rakitic akan ditempatkan sebagai otak penyeimbang di sektor lini tengah. Lini belakang sepetinya akan dihuni oleh Dejan Lovren dan Vedran Corluka. Kehadiran duet bek tengah ini setidaknya setidaknya bisa meminimalisir ancaman yang akan diterima oleh sang kiper Danijel Subasic.

Lini depan tentunya merupakan andalan utama tim di setiap gelaran kompetisi. Untuk urusan yang satu ini, Kroasia masih bergantung pada penyerang veteran yang bermain di Juventus Marko Mandzukic. Tenaga, kengototan, dan insting mencetak gol dari Mandzukic masih menjadi andalan di level klub ataupun timnas. Para fans Kroasia pantas percaya mengingat Mandzukic juga ditopang oleh penyerang sayap Inter Milan yaitu Ivan Perisic. Performa Perisic di musim ini banyak mendapatkan sanjungan dan dirinya diharapkan dapat menjadi kreator utama dalam menciptakan peluang di lini depan Kroasia. Jika mampu tampil konsisten dengan semangat juang yang meluap, bukan tak mungkin Kroasia mampu membuat kejutan dengan menyandang status sebagai juara grup D Piala Dunia 2018 menyingkirkan negara unggulan seperti Argentina.

FORMASI KROASIA PIALA DUNIA 2018

4-2-3-1

Subasic D; Strinic I, Lovren D, Corluka V, Vida D; Rakitic I, Badelj M; Perisic I, Modric L, Rebic A; Mandzukic M

KOMPOSISI SKUAD KROASIA PIALA DUNIA 2018

Peringkat FIFA: 20

Penjaga Gawang: Danijel Subasic (Monaco), Lovre Kalinic (Gent), Dominik Livakovic (Dinamo Zagreb)

Bek: Vedran Corluka (Lokomotiv Moscow), Domagoj Vida (Besiktas), Ivan Strinic (Sampdoria), Dejan Lovren (Liverpool), Sime Vrsaljko (Atletico Madrid), Josip Pivaric (Dynamo Kiev), Tin Jedvaj (Bayer Leverkusen), Duje Caleta-Car (Red Bull Salzburg)

Gelandang: Luka Modric (Real Madrid), Ivan Rakitic (Barcelona), Mateo Kovacic (Real Madrid), Milan Badelj (Fiorentina), Marcelo Brozovic (Inter Milan), Filip Bradaric (Rijeka)

Penyerang: Mario Mandzukic (Juventus), Ivan Perisic (Inter Milan), Nikola Kalinic (AC Milan), Andrej Kramaric (Hoffenheim), Marko Pjaca (Schalke), Ante Rebic (Eintracht Frankfurt)

PREDIKSI KROASIA DI PIALA DUNIA 2018

Perdelapan Final