jerman

Profil Strategi dan Komposisi Skuad Jerman Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 – Jerman yang pada edisi sebelumnya berhasil menjadi juara dunia, kini juga digadang-gadang akan dapat mengulangi kesuksesannya di Rusia. Faktor pemain serta pelatih yang merupakan salah satu terbaik di dunia ditambah sejarah bahwa tampil ciamik pada setiap gelaran Piala Dunia. Sebelum tahun 2014 lalu, Jerman telah meraih gelar juara tiga kali pada tahun 1954, 1974, dan 1990.

Dalam Piala Dunia 2018 kali ini, Jerman tergabung dalam Grup F bersama Swedia, Meksiko, dan Korea Selatan. Jerman memiliki modal sangat apik saat masih berlangsung fase kualifikasi. Mereka meraih 30 poin dari 10 pertandingan alias menyapu bersih kemenangan lawan-lawannya. Ditambah lagi catatan 43 memasukkan gol dan hanya 4 kali kebobolan semakin menegaskan bahwa mereka layak berada di ranking pertama FIFA saat ini.

Namun sebelum menang lawan Arab Saudi Sabtu (09/06) kemarin, Jerman tidak pernah menang dalam lima laga persahabatan sebelumnya. Bahkan mereka kalah melawan Austria 1-2 dan Brazil 0-1. Sisanya hanya bermain imbang melawan Spanyol, Perancis, dan Inggris.

Joachim Loew menjadi sosok utama dibalik kehebatan Timnas Jerman. Loew mampu mengombinasikan para pemainnya untuk bermain Ball Possesion di lini tengah ditambah serangan yang efektif. Loew tidak hanya bergantung pada satu atau dua pemain saja, buktinya Loew meraih Juara Piala Konfederasi 2017 dengan komposisi skuad yang berbeda dengan Jerman di Piala Dunia 2014. Namun Loew baru-baru ini membuat keputusan cukup berani dengan tidak menyertakan nama Leroy Sane dalam 23 skuadnya. Sane yang tampil apik bersama City musim lalu tidak dipilih dan Loew lebih memilih Julian Brandt dari Bayern Leverkusen.

Komposisi Skuad

Dimulai dari penjaga gawang, Manuel Neuer dipastikan menjadi kiper utama Jerman sekaligus menjadi kapten utama Der Panzer meski ia baru comeback dari cedera panjang musim lalu. Ditambah sebenarnya Jerman masih memiliki Ter-Stegen yang tidak kalah apik dengan Neuer. Sedangkan kiper ketiga diisi oleh Kevin Trapp dari Paris Saint-Germain.

Di area pertahanan, duo bek tengah Bayern Munich Jerome Boateng dan Matt Hummels ditambah Joshua Kimmich di sisi kanan dan Jonas Hector di sisi kiri kemungkinan akan menjadi andalan Loew. Untuk melapis kuartet tersebut, ada nama Matthias Ginter, Marvin Plattenhardt, Antonio Rudigier, dan Niklas Sule.

Lini tengah menjadi kekuatan bagi Die Mannschaft. Gelandang kreatif seperti Toni Kroos, Mesut Ozil, Ilkay Gundogan dan Sami Khedira dapat menguasai lini tengah dengan baik. Ditambah sektor sayap yang tidak kalah aktif membantu serangan seperti pada diri Marco Reus, Julian Draxler, ataupun Thomas Mueller.

Satu slot striker utama diisi oleh antara Timo Werner atau Mario Gomez. Dua striker tersebut memiliki karakter yang berbeda sehingga memudahkan Loew dalam menerapkan strategi yang akan digunakannya. Jika Werner lebih bermain secara fleksibel, maka Gomez merupakan sosok Target Man di depan gawang.

Prediksi

Tergabung bersama Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan, rasanya tidak sulit bagi Jerman untuk dapat lolos ke babak 16 besar, bahkan dengan status juara grup. Lawan cukup sulit bagi Jerman baru akan terjadi di Semifinal dan Final. Namun dengan persiapan yang baik serta kualitas pemain dan pelatih yang bagus, Jerman masih menjadi favorit untuk meraih gelar juara Piala Dunia 2018 di Rusia nanti.