belgia

Profil Strategi dan Komposisi Skuad Belgia Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 – Sejak lolos putaran final dalam Piala Dunia 2014 lalu, skuad Belgia banyak sebagai disebut sebagai Generasi Emas. Namun dalam dua ajang resmi yaitu Piala Dunia 2014 dan Euro 2016, Belgia hanya sanggup bertahan hingga babak Perempat-final. Kini dengan materi pemain yang lebih matang serta keberhasilan mereka meraih ranking 3 FIFA ini siap berbicara banyak di Rusia nanti.

Berbicara Piala Dunia rasanya kurang begitu akrab dengan Belgia. Dalam sejarahnya, Belgia hanya berpartisipasi 12 kali dari 19 kali total kesempatan. Bahkan Belgia pernah back-to-back tidak tampil dalam putaran final Piala Dunia yaitu pada tahun 2006 dan 2010. Prestasi terbaik Belgia sampai saat ini yaitu meraih posisi 4 terbaik pada Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Namun Belgia saat ini berbeda dengan yang dulu. Dalam kualifikasi Zona Eropa, Eden Hazard dkk. lolos meyakinkan sebagai juara Grup H dengan koleksi 28 poin. De Rode Duivels tidak pernah kalah dalam fase kualifikasi dengan catatan 9 kemenangan dan 1 hasil imbang. Superioritas Belgia semakin ditunjukkan berkat mencetak 43 gol yang merupakan jumlah terbanyak dalam kualifikasi Zona Eropa bersama Jerman. Alhasil kini mereka berada di peringkat 3 ranking FIFA dibawah Jerman dan Brazil.

Pelatih Belgia saat ini diisi oleh Roberto Martinez. Pelatih berkebangsaan Spanyol ini memiliki banyak pengalaman di Premier League bersama Wigan dan Everton. Sejak menggantikan Marc Wilmots pasca kalah dari Wales di ajang Euro 2016, Martinez telah melakoni 20 laga bersama Belgia. Sejak kalah 0-2 atas Spanyol di laga perdana Martinez, selanjutnya Belgia belum sekalipun merasakan kekalahan dengan catatan 5 hasil imbang dan 14 kemenangan. Yang tak kalah menarik, Martinez akan didampingi salah satu legenda sepakbola, Thierry Henry sebagai asisten pelatih. Kehadiran Henry diharapkan dapat memberi pengalamannya dalam menghadapi ajang sebesr Piala Dunia.

Komposisi Skuad

Martinez telah mengumumkan 23 pemainnya yang akan dibawa ke Rusia. Di posisi penjaga gawang, terdpat tiga nama yaitu Thibaut Courtois, Simon Mignolet, dan Koen Casteels. Nama Courtois dijagokan akan menjadi kiper utama dibandingkan Migonolet dan Casteels.

Dalam beberapa laga terakhir, Martinez sering menerapkan 3 bek tengah di depan penjaga gawang. Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, dan Vincent Kompany kemungkinan akan menjadi starting line up berkat penampilan konsisten bersama klubnya musim lalu. Namun tampaknya Kompany belum bisa tampil di laga perdana karena masih terkendala cedera. Sementara untuk pelapisnya ada Dedryck Boyata, Thomas Meunier, dan Thomas Vermaelen.

Selanjutnya 4 posisi dilini tengah cukup sesak diisi oleh beberapa pemain. Thomas Meunier dan Yannick Carrasco dalam beberapa laga terakhir sering mengisi starting line up diposisi masing-masing kanan dan kiri. Selanjutnya satu tempat sudah pasti milik Kevin De Bruyne yang tampil apik bersama Manchester City musim lalu. Sedangakan satu sisanya direbutkan oleh Axel Witsel, Marouane Fellaini, Nacer Chadli, Leander Dendoncker, dan Mousa Dembele.

Tiga posisi di depan sudah hampir pasti menjadi milik Eden Hazard, Romelu Lukaku, dan Dries Martens. Eden Hazard merupakan pemain andalan di Timnas Belgia dan hampir tidak tergantikan. Sementara winger lincah Dries Martens tampil cukup tajam bagi Napoli musim lalu. Sedangkan Romelu Lukaku kini merupakan Top Skor sepanjang sejarah Belgia dengan catatan 36 gol. Untukmelapis trio tersebut, Martinez menyiapkan Michy Batshuayi, Adnan Januzaj, dan Youri Tielemans.

Prediksi

Lawan terberat Belgia dalam Grup G ada pada Timnas Inggris. Sementara Tunisia dan Panama dirasa masih dapat teratasi dengan baik oleh Belgia. Di babak selanjutnya, Belgia perlu menjaga kekompakan tim serta Martinez perlu menyiapkan strategi baru bila melawan tim-tim besar. Bila mereka mampu mengatasi hal itu semua, bukan tak mungkin Generasi Emas Belgia akan meraih trofi Piala Dunia pada tahun ini.