Profil Strategi dan Komposisi Skuad Argentina Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 – Keabsahan status Lionel Messi sebagai legenda sepakbola dunia akan terjawab di Piala Dunia 2018 kali ini. Sang pemain yang sudah tertinggal selangkah dari sang rival Cristiano Ronaldo yang sudah mengangkat tropi Piala Eropa tahun 2016 lalu tentunya ingin menegaskan statusnya sebagai pemain yang akan selalu dikenang di kancah internasional. Messi punya modal yang mencukupi jika dilihat dari materi pemain yang dimiliki oleh skuad Argentina. Ditambah lagi, Argentina punya pelatih dengan reputasi mentereng yang terbukti sukses membawa Chile merengkuh tropi Copa America untuk pertama kalinya di tahun 2015 lalu. Mungkinkah ini menjadi pertanda juara Piala Dunia 2018 bagi Lionel Messi dan Argentina? Belum tentu.

Argentina tampak kepayahan untuk meraih tiket melaju ke putaran final Piala Dunia 2018. Jika bukan karena daya magis sang pemain andalan Lionel Messi yang mencetak hattrick ke gawang Ekuador, tim Tango bisa jadi hanya akan menjadi pesakitan di ajang Piala Dunia kali ini. Kondisi semakin mengkuatirkan mengingat skuad Argentina tergolong tidak se-mentereng barisan pemain yang mereka punya beberapa tahun sebelumnya. Meskipun begitu mengerikan di sektor depan, tetap saja Argentina hanya punya rataan sekitar 1 gol per laga pada fase kualifikasi Piala Dunia lalu. Apalagi barisan pertahanan mereka begitu rentan dijebol dan minim pemain dengan reputasi kelas dunia. Kondisi tersebut membuat banyak pihak mempertanyakan kans Argentina untuk setidaknya mengulangi capaian mereka di Piala Dunia sebelumnya yang menembus babak final.

CARA BERMAIN ARGENTINA

Pelatih Jorge Sampaoli mestinya begitu tenang jika sudah membahas lini depan. Skuad Argentina benar-benar diberkahi oleh lini depan dengan kuaitas wahid yang terdiri dari Lionel Messi, Paulo Dybala, Sergio Aguero, dan Gonzalo Higuain. Skuad ini jelas hanya dibangun untuk memberikan kemudahan bagi sang megabintang Lionel Messi bermain sesuai dengan skema yang ia kehendaki. Sampaoli sepertinya akan memasang sejumlah pemain pendukung demi memperbesar ruang gerak Messi di area pertahanan lawan, seperti Angel Di Maria dan Gonzalo Higuain.

Meskipun punya lini depan menjanjikan, Argentina punya masalah pelik di sektor pertahanan. Praktis tim ini tidak punya kiper tangguh dengan jam terbang layaknya kiper kelas dunia. Dua kiper utama yaitu Sergio Romero dan Will Caballero tercatat hanyalah kiper pelapis di klub masing-masing. Untuk sektor belakang, praktis hanya nama Nicolas Otamendi yang punya reputasi kokoh di barisan pertahanan. Yang lebih parah lagi, Argentina bahkan krisis bek sayap dan terpaksa memainkan nama baru dan kurang mentereng sebagai andalan di sektor bek sayap. Itu artinya, masih ada banyak celah di skuad Argentina dan harapan banyak pihak terkait tentang tim ini tampaknya terlalu dilebih-lebihkan.

Untungnya, daya magis Lionel Messi tampaknya akan mampu menutupi sejumlah masalah yang dipunyai oleh tim ini. Ditambah lagi sang pelatih Jorge Sampaoli terkenal sebagai motivator handal yang mampu mendorong semangat para pemain untuk tampil spartan dan menggigit. Formasi 4-4-2 akan menjadi andalan Argentina dimana skema 3-3-1-3 akan menjadi alternatif lainnya ketika skema utama tidak berjalan. Selama Sampaoli bisa menjaga Messi bisa berada dalam level tertinggi, seperti yang ia tampilkan bersama Barcelona, Argentina adalah salah satu kandidat juara. Akan tetapi, sekali saja kesalahan yang dirasakan oleh sang megabintang akan membuat Argentina tak ubahnya sebagai negara peserta lainnya di Piala Dunia 2018.

FORMASI ARGENTINA PIALA DUNIA 2018

4-4-2

Caballero W; Tagliafico, Fazio F, Otamendi N, Salvio; di Maria, Lo Celso, Mascherano J, Pavon P; Lionel Messi, Higuain G

KOMPOSISI SKUAD ARGENTINA PIALA DUNIA 2018

Peringkat FIFA: 5

Penjaga Gawang: Sergio Romero, Willy Caballero, Franco Armania.

Bek: Gabriel Mercardo, Cristian Ansaldi, Nicolas Otamendi, Federico Fazio, Marcos Rojo, Nicolas Tagliafico, Marcos Acuna, Javier Mascherano, Eduardo Salvio.

Gelandang: Lucas Biglia, Giovani Lo Celso, Ever Banega, Enzo Perez, Maximiliano Meza, Angel Di Maria, Cristian Pavon.

Penyerang: Lionel Messi, Paulo Dybala, Gonzalo Higuain, Sergio Aguero.

PREDIKSI ARGENTINA DI PIALA DUNIA 2018

Perdelapan Final